Jalan di Labirin kota Venesia

"Venesia merupakan kota yang paling terkenal di Italia dan kerap dijuluki sebagai kota paling romantis di dunia" itu kata di koran-koran sih.. Tapi bener gak ya?

Menurutku Venesia itu antik, cantik dan rintik-rintik..

Antik nya karena kota ini bener-bener kota tua yg luar biasa, Venesia sudah ada sejak tahun 800an dan dia merupakan negara perdagangan maritim terkemuka di Eropa saat itu. Bangunan paling top disitu adalah gereja San Marco yg terletak di alun2 Piazza San Marco. Gereja ini awal dibangun tahun 900an tapi kemudian runtuh dan dibangun kembali tahun 1902 dan masih berdiri sampai sekarang. Di sebelahnya ada istana Doge' Palace yg merupakan kediaman para penguasa Venesia saat itu. Ajib nya istana ini dibangun selama 150 tahun mulai dari 1301 baru selesai di tahun 1450..edan gak.. Gimana ngatur anggaran di APBN multi year nya ya? Udah ganti presiden berapa kali tuh..? Hehehe..

Cantik. Itu memang kesan pertama yg kulihat ketika berjalan menyusuri labirin kota. Dari stasiun Santa Lucia memang sengaja kami jalan kaki menuju alun2 San Marco. Banyak rute yg ditawarkan oleh gugel map utk menuju kesana, dan kami berangkat nya sengaja memilih yg melalui lorong2 kampung diantara bangunan tua. Beberapa kali tersesat tapi lorong2 itu ternyata saling terhubung cuma ada beberapa lorong yg mentok ke kanal tak berjembatan sehingga harus cari lorong lain yg ada jembatan nya.. Hehehe asiik deh jalan2 disitu. Nah sepanjang perjalanan itu selalu ketemu spot2 cantik utk di foto karena banyak bengunan warna warni yg indah serta banyak melewati jembatan di kanal kanal yg airnya jernih.. Jadi emang bener kota ini cantik banget (meskipun udah tua..).

Rintik-rintik, ya karena pas kami kesitu cuacanya lagi hujan, dan karena kota ini memiliki ketinggian tempat 0m di atas permukaan laut, maka di beberapa tempat terdapat genangan air. Tapiii air nya jernih, gak berlumpur. Dan..yg paling heroik adalah utk aman berjalan di Venesia di musim hujan maka kita harus menggunakan sepatu yg anti air, utk itu disana banyak dijual pelapis sepatu yg anti air seperti boot gitu tapi terbuat dari plastik warna warni..
Kami beruntung, ketika disana kondisi air pasang belum terlalu tinggi, sehingga masih relatif nyaman utk berjalan-jalan karena beberapa hari setelah itu kami dengar kabar di Venesia terjadi banjir parah dan banyak wisatawan membatalkan kunjungan kesana. Waktu kami kesana tempat yg benar-benar tergenang adalah justru di alun2 San Marco, alun2 nya seperti kolam raksasa dengan ketinggian air sekitar 30-40 cm sehingga memang eksplorasi di San Marco menjadi tidak maksimal.
Tapi overall Venesia sangat berkesan buat kami, di cuaca hujan gitu sangat nikmat bisa mencicipi Cappucino dan Pizza yg baru matang dibakar hmmm.. Numero uno.. Hohoho.. Tapi biar gak penasaran meskipun dingin tetep pengen nyicip juga gelato disana..

Wookeee.. Dan aku gembira karena punya banyak stok foto cantik dari sana..

Komentar