Per Custom untuk Bikin Ceper Honda Jazz GK5

Kamu tau kan kode-kode Honda Jazz, untuk generasi pertama disebut GD3, yang kedua GE8 dan yang generasi ketiga disebut GK5 (mulai keluaran 2015). Suspensi GK5 ini beda banget sama GE8 lho, yang GK5 ini bener-bener empuk, nyaman banget, beda sama suspensi GE8 yang cenderung lebih rigid. Tentu banyak beda pendapat apakah ini kelebihan atau justru kekurangan, feel bantingan GK5 ini bener-bener nyaman, mirip sedan besar namun dalam tingkatan yang sedikit lebih tipis... aah susah nerangin nya..hehehe tapi nyaman kok sumpah... asal jangan dipaksa menghantam lubang secara keras ya.. semua goncangan teredam dengan baik.


Secara tampilan emang GK5 terlihat lebih tinggi dibanding dengan GE8, jadi ketika udah ganti velg dengan ring 17 seperti punyaku ini terlihat ada gap antara ban dan spakbor, keliatan cingkrang gitu deh..

itu kenapa jadi pengen bikin Jazz ini kebih ceper.



Lalu aku datangin bengkel per langganan di Bogor, langsung minta stel per diturunin sisain sekitar 2 jari dari spakbor.

Mekaniknya langsung paham dan langsung ambil per dari mobil lain. Ya.. aku memang minta per nya custom, bukan per aftermarket yang khusus untuk jazz.

Kamu bisa juga kok beli per yang emang udah di desain khusus untuk jazz, kamu bisa pilih yang ber merk Eibach, Tein atau merk lain yang memang biasa digunakan sebagai lowering kit jazz ini. Tentu karena per-per ini memang spesial untuk Jazz dan diproduksi oleh brand yang udah punya nama harganya lebih mahal dibanding per custom yang aku pakai. Harga yang branded bisa sekitar 2-3 juta untuk 1 set depan belakang

Kembali ke per custom, mekanik langsung menawarkan per yang akan dipakai adalah untuk depan menggunakan per Great Corolla dan yang belakang menggunakan per depan Karimun.

Per ini bisa langsung plek dipasang tanpa ada perubahan apapun di dudukan dan di per nya, bener-bener plug n play. Dan hasilnya Jazz langsung turun 2 jari dari kondisi awal dan ini sesuai dengan ekspektasi ku, oya aplikasi per ini juga gak harus mengganti shock breaker.
Nah.. udah kelihatan lebih rapat ke ban kan.. sekarang tinggal tes bantingan nya..

Per custom ini feel nya masih empuk, relatif sama dengan per bawaan cuma jarak main ayunannya jadi lebih pendek jadi kalau mengayun akan lebih cepat kena karet stopper.
Karena mobil ini emang hanya dipakai untuk dalam kota Bogor-Jakarta dan sekitarnya maka pemasangan per ini sudah sesuai dengan ekspektasi. Untuk ber empat penumpang dewasa gak masalah kok.
So dengan budget separo dari per branded aku merasa puas dengan performa per custom ini.
Dah gitu aja...

Komentar

Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
iwaneshut mengatakan…
Saya pakai ban ukuran 205/45 so far gak gasruk, karena ban belakang profil nya jadi agak donat.. Kalau 215/45 mestinya gak nge-donat yah. Velg belakang yg lebar 8,5 emang sedikit keluar bodi, jadi jika ban gak nge-donat ada resiko gasruk kalo lagi mengayun..
Unknown mengatakan…
jadi abis berapa om total? boleh dong om di reco ke tempat langganan per nya. saya juga mau ceperin ge8 saya.
iwaneshut mengatakan…
ganti per depan belakang plus ongkos pasang kena 1,2 jt. Bengkel di Arif Jaya Per jalan sholeh Iskandar Bogor, depan kantor pos.
Unknown mengatakan…
Om, kalau velg standar bawaan dealer itu, cocoknya diceperin berapa centi ya
Teppy AMK mengatakan…
salam kenal om sebelumnya. terima kasih om atas infonya. segera saya mampir ke arif jaya per. perlu bawa nama om iwan ga nih hehe.
iwaneshut mengatakan…
hehehe.. saya gak sempat mengenalkan nama saya ke crew mereka sih, tapi saya langganan kesitu, udah 4 kali ganti per disitu.. masing2 avanza, splash, sirion dan terakhir di jazz.. so far puas.
Unknown mengatakan…
Kl boleh tau pakeh per depanny katimun thn brp?
youtube channel mengatakan…
Om klo Honda jazz pake velg 18 mau d ceperin Bisa gk om
iwaneshut mengatakan…
Sekalian jawab beberapa pertanyaan,
Kalau velg standar di ceperin ya bisa banget, bahkan saya yakin bantingan nya lebih empuk dibandingkan jika sdh ganti velg ring yg lebih gede. Mau diceperin seberapa itu tergantung 'keberanian' masing-masing. Kalo berani tersisa bisa diceperin ekstrem, kalau mau masih moderat tapi gak kelihatan ngangkang bisa diturunkan sekitar 2-3 jari.
Untuk velg ring 18 pasti masih ada ruang utk diceperin, asal lebar velg dan offset nya gak Over keluar fender per masih bisa sama kalau pakai velg r17. Karena konsekuensi pakai velg r18 adalah profil ban nya lebih tipis dibanding r17. Kalau r17 pakai profil 205/45 maka kalau pakai r18 harus pakai profil 205/40, efeknya bantingan lebih keras.. Gitu..
Binyolos mengatakan…

"untuk depan menggunakan per Great Corolla"
per depan menggunakan per depan atau per belakang Great Corolla?

tks
iwaneshut mengatakan…
per depan menggunakan per depan great corolla..
Anonim mengatakan…
Mas, itu per ori great ga usah dipotong udah otomatis turun 2jari ya?
Unknown mengatakan…
Itu plug n play juga di Jazz GE8 ya bos?
Anonim mengatakan…
ijin tanya gan belakang pake per karimun tipe apa?
kalo di GE8 bisa langsung pasang engga?
kira2 turun berapa jari?
makasih
iwaneshut mengatakan…
jawab beberapa pertanyaan lagi yaa..
Per gak pakai potong2, efeknya langsung turun 2 jari.
Kayaknya per GK ama GE gak plug n play, per GE cenderung lebih rigid, tapi GK ini empuk (ori nya)
Untuk jenis karimun nya saya kurang tahu, karena yg milihin tukang per nya, sorii..