Ganti Velg yang Lebih Gede

Mau ganti Velg?

Apa sih alasan kamu mau ganti velg? 
Kalo aku sih ganti velg merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani..hihihi.. bukan untuk apa-apa sih, tapi setidaknya aku pengen mobilku beda dengan mobil tetangga atau teman atau kerabat.. itu aja sih.. 
eeh sebenernya gak itu aja juga sih, yang pasti dengan ganti velg pengen mobil kita jadi lebih enak dilihat.. 
yaaa.. ENAK DILIHAT.. (catat yaa..!) karena pada waktu ganti velg tidak semuanya menyebabkan mobil jadi enak dinaikin, lebih stabil, performa meningkat dan alasan-alasan lain yang dibuat-buat untuk menghibur diri..hehehe..
Jadi, kalo kamu pengen ganti velg harus tetapkan dulu tujuan kamu dan jangan berharap bermacam kombinasi harapan akan tercapai dengan mengganti dengan satu jenis velg tertentu.

Ganti dengan ukuran diameter sama
Gonta-ganti velg pernah kulakukan dengan segala akibatnya, yang paling rendah resiko adalah dengan mengganti velg yang berukuran Ring Diameter yang sama tapi dengan lebar yang berbeda. Itu aku lakukan di Jazz GE8 ku, velg standar pensiun digantikan velg model Mugen XJ dengan Ring 16 inch tapi lebar nya 7 inch sementara yang velg standar hanya memiliki lebar 6,5 inch. Penggantian cara ini yang paling minim resiko, kenyamanan dan keamanan relatif sama namun tampilan berubah dan tetap Lebih Enak Dilihat..

Ganti dengan ukuran diameter naik 1 inch
metoda ini pernah aku terapkan di Avanza dan Jazz GK5 ku
Di Avanza velg standar yang berdiameter 14 inch aku ganti dengan velg bawaan Grand Livina ukuran 15 inch, dampaknya avanza ku langsung berubah tampangnya dengan kenyamanan tetap ok, khususnya ketika melibas lobang masih cukup aman, itu karena profil ban masih cukup tebal jika hanya diameter velg nya cuma nambah 1 inch.

Sedang di Jazz GK5 ku, velgnya juga naik kelas 1 inch dari standar ring 16 menjadi ring 17 inch, selain naik kelas diameter, di velg Jazz ini juga berbeda lebarnya, dari standar yang hanya punya lebar 6,5 Inch berubah jadi lebar 7,5 inch di depan dan 8,5 inch velg belakang, tentu saja Jazz ku jadi nampak endut..hehehe

Metoda ini aku terapkan di Avanza ku, dari standar yang R14 inch ganti ke R17 inch, tampilan cukup signifikan berubah. konsekwensi dari kenaikan diameter velg harus diimbangi dengan pengurangan ketebalan ban, yang standarnya pakai profil ketebalan 60 harus diganti ke profil ketebalan 45. Dengan semakin menipis nya ban maka konsekwensi lanjutannya adalah kemampuan meredam benturan lobang, rasanya menjadi lebih keras gak se empuk standar nya.

Naik 3 Inch juga aku terapkan di Sirion, standar Sirion adalah R14 aku ganti ke R17. selain diameter, lebarnya juga signifikan berubah dari 6 inch menjadi 7&8,5 inch (depan& belakang beda). Nah modif yang ini benar-benar merubah Sirion jadi lebih Semok..!  Nah karena modif ini untuk ngejar upgrade penampakan saja maka modifnya di iringi dengan penggantian per dengan yang lebih pendek, agar gap antara velg dan spakbor tidak terlalu lebar yang akan menjadikan terlihat cingkrang. Efeknya? Ya jelas bantingan jadi lebih keras dan dengan ini maka nyetir harus lebih sabar.. butuh skill tinggi untuk dapat menikmati modif seperti ini hehehe..


Beda lagi dengan Splash ku, hitungannya sama sih, naik 3 inch dari asli nya, tapi modif kali ini terlihat lebih ekstrim karena mobil sekecil Splash bisa pake velg ukuran R18.. hehehe.. asli aku paling seneng liat tampang Splash ku ini.. setelah ganti velg R18 otomatis harus pake ban super tipis dengan profil 35 maka biar tampang nya gak cingkrang aku ganti per nya dengan yang lebih pendek, hasilnya hmmm... sleeper banget.. dan herannya kombinasi ini gak mentok sama sekali baik untuk belok maupun pas per ngayun, jadi emang kolong Splash bener-bener lega utk modif velg sampe ukuran  R18.






Naik 5 Inch..!
Dan Velg paling gede yang pernah aku pake adalah velg Ring 22 Inch.. hehehe kebayang kan segede apa? dan beratnya itu huuuhh.. ampun dah.
Velg R22 ini aku pake di CRV gen 3 ku, dari standar yang cuma R17 naik ke R22 jadi naik 5 inch.. wow.. tapi demi hasrat pengen tampil ganteng maka nilai kenyamanan sedikit aku kesampingkan. Dengan pakai R22 nyetirnya harus mikir-mikir pas nginjak lobang, padahal kalau pake standar CRV ini bantingannya empuk banget dan santai aja lari di jalur Pantura yang banyak lobang dan gelombang. Tapi asal nyetirnya gak jorok pakai R22 masih aman kok, aku udah beberapa kali bawa CRV dengan R22 dari Bogor ke Semarang atau Jogja..



Ring 22 juga masih bisa masuk di CRV gen 4 ku, kalo di CRV gen 4 ini standar velgnya di R18 lebih gede 1 inch dari CRV gen 3, dan efek nya sama, bantingan CRV yang nyaman banget jadi berkurang ketika pakai R22, tapi sebenarnya masih ok saja, bantingannya jadi kayak innova gitu..

Ok, itu pengalaman ku gonta ganti velg, tentu ini semua adalah pendapat pribadi, plus dan minus selalu ada ketika orang melakukan modifikasi.. kalo gak mau terima minusnya, ya silahkan jadi yang standar-standar saja.. hahaha..




Komentar