Go Show ke Pahawang


Sengaja pengen ke Pahawang tanpa booking dulu paket wisata, kebetulan ada long weekend liburan di hari Senin, maka sabtu siang langsung aja tancap gas dari Bogor ke Bandar Lampung.
Modal hanya booking hotel 2 hari di Bandar Lampung secara online dan berniat utk gambling bisa berhasil ke Pahawang.
Perjalanan berangkat cukup lancar, Bogor - Lampung ditempuh selama 7-8 jam dengan menumpang ferry di selat sunda selama 2-3 jam.

Menikmati sunset dari atas kapal Ferry
  
 
Sampai di Lampung sudah jam 9an malam langsung check in. Sambil tanya ke resepsionis apa punya paket wisata ke Pahawang, ternyata hotel tidak menyediakan, akhirnya diputuskan besok pagi-pagi akan langsung menuju lokasi.
Jam 6 pagi sudah siap, setelah sarapan langsung berangkat ke titik penyeberangan di desa Ketapang. Desa Ketapang terletak sekitar 2 km sebelum Pantai Klara (yang lebih terkenal)

Menuju ke pulau
 
Di Desa Ketapang banyak rumah atau warung yang memasang spanduk menyewakan kapal, alat snorkeling dll. Langsung saja kita tanya2 dengan tukang perahu yg menyewakan perahu ke Pahawang. Beberapa agen atau tukang perahu menolak karena sudah full book, maklum karena hari itu adalah pak season,   akhirnya kami dapat perahu yg available, awalnya hanya bisa setengah hari karena siang perahu sudah ada yang booking dengan tawaran seharga Rp.600 ribu, namun karena kami hanya bertiga akhirnya ada keluarga lain berlima yang berminat lalu ditawari oleh tukang perahu untuk bersama sama ke pulau, dan akhirnya deal dengan biaya Rp 1 juta untuk trip full day.

Pulau Kelagian
 
Menggunakan perahu bercadik kapasitas 15 an orang perjalanan ke pulau di tempuh sekitar 45 menit dari Ketapang. Pulau yang disinggahi ada Pahawang Besar, Pahawang Kecil dan Kelagian.

Pulau Kelagian
 
Pulau yang kami darat adalah pulau Kelagian, disana terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman serta kamar mandi.
View di pulau Kelagian cukup asik untuk foto-foto karena pasir nya putih dan laut nya jernih.

Underwater Pahawang
 
Acara utama ke Pahawang adalah snorkeling, nah ini yang asyik.. Spot snorkeling ada di beberapa tempat, ikut aja dengan tukang perahu yang menunjukkan spot nya.
Ikan-ikan nya cukup banyak dan tidak takut dengan manusia, sehingga kita bisa selfie bareng Ikan-ikan

Penangkaran karang
 
Ada satu spot yang favorit adalah tempat penangkaran karang, disana ditemukan blok-blok penanaman karang baru dengan bantuan rangka besi sebagai tempat mengikat karang-karang tersebut. Ada satu spot yang terdapat tulisan "Thanks God I'm Here" menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Jernih dan dangkal
Spot yang lebih asyik ada di sekitar Pulau Kelagian, airnya lebih jernih karena di bawahnya bukan berupa pasir tetapi langsung berupa tumbuhan laut yang masih hidup. Ada berbagai macam bentuk karang dan ikan-ikan warna warni serta mahluk-mahluk laut lainnya..

Karang masih hidup



 
Karang-karang di sana masih hidup, terdapat juga rumput-rumputan yang selalu bergoyang jika dimainkan oleh gelombang air dan merupakan tempat sembunyi para ikan-ikan.

Jadi, tidak perlu khawatir untuk berangkat sendiri ke Pulau Pahawang, bahkan bisa dilakukan di weekend biasa, jika ingin menyingkat kunjungan, bisa saja jumat malam berangkat dari Jakarta atau kota sekitarnya, langsung menuju ke desa Ketapang dan pagi-pagi menyewa perahu untuk ke trip pulau lalu sore bisa kembali ke Bandar Lampung untuk menginap dan minggu siang sudah bisa kembali ke Jakarta.

So.. udaaah.. gak usah banyak mikir.. jalan aja..  


Tags: Pahawang, Snorkeling, Lampung, Go Show, Underwater, Backpacker

Komentar