"Bermain-main" dengan Instagram

Sudah tahu Instagram kan?
Instagram adalah aplikasi media social untuk saling mempublikasikan foto. Instagram ini awalnya hanya bisa berjalan di platform iOS alias hanya bisa dijalankan di produknya Apple, di iPhone, iPad atau iPod namun belakangan sudah bisa berjalan di smartphone berbasis Android. Namun maaf belum bisa untuk smartphone berbasis Blackberry..
Buat kamu yang suka fotografi, Instagram bisa dijadikan ajang memajang hasil karya mu, kamu akan memiliki galery hasil karyamu sendiri.

Follower dan Following
Di Instagram pola nya mirip dengan Twitter, kita bisa Follow seseorang dan seseorang bisa jadi Follower kita. Setiap kali kita login, di home page IG kita nanti akan terpampang foto-foto karya orang yang kita follow, demikian juga foto kita akan muncul di home page follower kita. Nah semakin keren galery seseorang biasanya dia akan punya Follower yang banyak, dan sekaligus bisa untuk menjajagi seberapa keren hasil karya kita dengan melihat berapa banyak follower kita, namun banyak juga orang yang asal saja mem-Follow orang sebanyak-banyaknya dengan harapan sebagian dari mereka melakukan follow back, tentu hanya berdasarkan belas kasihan, bukan karena hasil karya nya.. hehehe.. itu adalah pilihan.

Caption, Comment dan Hastag (#)
Setiap kita upload foto kita bisa memberikan Caption atau judul dari tema foto kita. Sebenarnya bukan hanya judul, kita bisa menambah tulisan secara panjang lebar yang mendeskripsikan foto yang kita upload. Terhadap foto yang kita lihat atau upload maka kita bisa memberikan Comment terhadapnya, disinilah asiknya kita bisa mendapatkan masukan, kritik dan pujian dari orang-orang yang melihat foto kita. Dari saling comment ini bisa saja terbentuk komunitas atau pertemanan yang kemudian bisa terjalin akrab.
Nah agar foto kita bisa ditemukan oleh orang lain yang sedang mencari foto dengan tema tertentu maka dalam deskripsi yang kita tulis bisa kita tambahkan Hastag (#). Misalnya #bogor maka semua orang yang akan mencari foto-foto tentang "bogor" akan menemukan foto kita. Kita bisa memberikan hastag yang sesuai dengan tema foto kita.

Source foto
Awalnya IG memang hanya dikhususkan untuk memajang foto hasil pemotretan dengan perangkat smartphone, dengan fasilitas berupa cropping dan filter bawaan, hasil foto dengan perangkat smartphone bisa menghasilkan foto-foto yang asik dilihat secara tampilan. Namun IG juga bisa menampilkan foto dari source lain selain dari smartphone. Dan sekarang banyak orang yang meng-upload foto hasil jepretan dari professional camera bahkan juga foto-foto hasil editan dari software foto editing (photoshop dkk). Semua sah-sah saja tidak ada larangan sama sekali.

Nah asik kan main Instagram, ayoo kamu yang suka foto-foto bisa segera buka account di Instagram lalu upload hasil karyamu.. Dan pastinya jangan lupa mampir ke galeryku di @iwaneshut kalo anda suka silahkan follow biasanya saya follow back sih..

Enjoy new toys..

Komentar